ISU KAWASAN PERBATASAN (Kawasan Perbatasan Sulawesi Utara)

Kawasan Perbatasan Sulawesi Utara

Kawasan perbatasan dengan negara Filipina di Provinsi Sulawesi Utara berupa kawasan perbatasan laut. Kawasan perbatasan ini mencakup 11 (sebelas wilayah administrasi kecamatan di Kabupaten Sangihe, yaitu 1) Kecamatan Tahuna, 2) Kecamatan Tabukan Tengah, 3) Kecamatan Tamako, 4) Kecamatan Manganitu Selatan, 5) Kecamatan Tabukan Utara , 6) Kecamatan Kandahe, 7) Kecamatan Tagulandang, 8) Kecamatan Siau Timur, 9) Kecamatan Siau Barat, 10) Kecamatan Tabukan Selatan , dan 11) Kecamatan Tagulandang serta mencakup 7 (tujuh) wilayah administrasi kecamatan di Kabupaten Talaud, yaitu 1) Kecamatan Melonguane, 2) Kecamatan Lirung, 3) Kecamatan Beo, 4) Kecamatan Rainis, 5) Kecamatan Essang, 6) Kecamatan Kabaruan, dan 7) Kecamatan Nanusa.

Kawasan ini memiliki karakteristik tersendiri karena terdiri dari gugusan pulau yang terbentang dari selatan yaitu Pulau Biaro sampai ke ujung utara yakni Pulau Miangas. Pulau-pulau tersebut membentuk 3 (tiga) gugusan pulau yaitu :

Gugusan Pulau Siau – Tagulandang

Gugusan Pulau Sangihe

Gugusan Pulau Talaud

Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Talaud mempunyai luas daratan 2.263,56 Km2 dan luas lautan 44.000 Km2 , terletak pada posisi 20 00' sampai 50 46’ Lintang Utara dan 125' 10' sampai 127' 12' Bujur Timur. Kondisi tanahnya sebagian besar bergunung bahkan ada beberapa gunung api aktif seperti Gunung Karangetang di Pulau Siau, Gunung Awu di Pulau Sangihe Besar, Gunung Ruang di Pulau Ruang serta Gunung Api bawah laut dekat Pulau Mahengetang.

Isu kawasan yang harus diberi perhatian khusus di Kawasan Perbatasan Sulawesi Utara, yaitu:

1. Kerawanan di bidang pertahanan dan keamanan di wilayah perbatasan

Hilangnya pulau kecil terluar

Pergeseran batas wilayah laut negara

2. Keterisolasian wilayah dan ketertinggalan tingkat perkembangan wilayah

Keterbatasan prasarana dan sarana perhubungan antar pulau

Kesenjangan ekonomi dengan negara tetangga

3. Pengelolaan sumber daya alam masih kurang optimal.

Eksploitasi SDA ilegal

Pola pengelolaan masih bersifat tradisional dan budaya yang diwariskan.

Baca Juga:
ISU PERBATASAN DI KAWASAN: |NTT|MALUKU|SULUT|RIAU|PAPUA|


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

[Informasi Tracking Satelit Aqua (Modis) Secara Real Time]