Google Earth V.5 (kabar baik untuk oceanografer)

Aku terlambat lagi choy nge up-date….. ternyata Google earth sudah merilis versi 5-nya.  
Tanpa meninggalkan fitur-fitur sebelumnya, GE menambah fitur baru untuk kemudahan tampilan dan interpretasi geografis. Kalau selama ini yang kita lihat di tampilan laut sangat statis, kini lebih dinamis dengan tampilan gelombang yang dapat bergerak… waw, hebat khan…

Itu belum seberapa choy, coba simak bathimetri 3D-nya, mencoba menampilkan seperti tampilan Digital Elevation Model kalau di daratan jadi kondisi relif dasar laut kita tidak lagi 2D tapi 3D. Saya pribadi sangat berterima kasih kepada mas Frank Taylor atas informasi ini  salute for you.

Kita lanjut lagi… kalau di darat kita menggerakkan mouse, akan di informasikan nilai ketinggian (dpal) dimana kursor berada, mirip dengan itu… kalau kursor kita gerakkan kearah laut, maka kita akan mendapatkan informasi kedalaman dalam bentuk angka negatif dimana koordinat kursor kita berada, hebat bukhan…??? Jangan heran dulu, masih banyak koq (yang pastinya teman-teman di oceanography pasti senang….. teringat dengan Pak Malik dosenku di geografi UNM).

Coba  tengok tampilan layer folder di sebelah kiri aplikasi GE kita, berisi begitu banyak informasi menarik dari National Geographic, BBC, info satelit NOAA (ini yang kusuka), Cousteau Society, BBC, selain itu ada juga tracks receiver GPS untuk hewan laut, ekspedisi laut, wah … banyak pokonya…..
Coba tengok videonya… antara Sylvia Earle (seorang peneliti oceanografi) dan John Hanke (siapa yang tidak kenal ini… Direkturnya GE).




Oh ya… untuk lebih menajamkan 3D dari kondisi topografinya, tetap rubah nilai Elevation Exaggeration, ganti saja menjadi 3 untuk lebih dramatisnya tampilan efek 3Dnya. Jangan lupa juga, kunjungi http://earth.google.com/ocean.

2 komentar:

[Informasi Tracking Satelit Aqua (Modis) Secara Real Time]