Pembuatan Film Dokumenter - Perawatan Kamera dan Kaset



PERAWATAN KAMERA DAN KASET

Merawat kamera

  1.  Jangan tinggalkan kaset di dalam kamera video kita saat tidak digunakan. Kaset bisa menyebabkan gesekan sehingga bisa menimbulkan masalah pada proses merekam dan memutar.
  2. Jangan memasukkan kaset dalam kondisi benar-benar dingin. Pelembab dari udara yang hangat dapat membuat kaset menempel pada bagian drum sehingga merusak kaset dan video head.
  3. Jangan meninggalkan baterai tetap menempel pada kamera video saat tidak digunakan. Kamera umumnya memuai energi baterai dalam jumlah kecil namun konstan sehingga berpotensi menghabiskan energi pada baterai dan dalam waktu yang lama bisa berpengaruh pada rangkaian elektronik kamera.
  4. Saat tape head kotor, sebaiknya dibersihkan oleh orang yang berpengalaman atau teknisi.
  5. Jika lensa terkena tangan, bersihkan lensa dengan menggunakan tissue khusus untuk lensa. Jika menggunakan tissue facial, pilihlah yang benar-benar halus dan hindari tertinggalnya lint (benang-benang halus) dari tissue.
  6. Jika terdapat debu yang menempel, gunakan cairan pembersih husus (biasanya di jual di toko kamera) yang sebelumnya meniupkan dengan menggunakan dust blester atau blowler (semacam pompa tangan yang di pencet).
  7. Sebaiknya lensa dilindungi dengan filter ultra violet (UV filter) atau sky light A1 yang memiliki diameter sama dengan lensa.
  8. Hindari penggunaan alkohol, hal ini bisa merusak lapisan atau bahkan menghilangkan lapisan lensa (coating).
  9.  Jangan menggunakan menggunakan air (termasuk air PAM). Air memiliki kandungan mineral yang bisa menjadikan kerak akibat deposit mineral yang tertinggal.
  10. Kesimpulannya selalu siapkan cleaning kit.

Merawat kaset mini DV

  1. Gulung (rewind) kaset hingga posisi pertama.
  2. Pastikan kaset dalam keadaan kering.
  3. Berikan label bagi kaset yang telah terpakai.
  4. Simpan di kotak plastik yang kedap udara dan tambahkan silica gell.
  5. Simpan di lemari yang tidak lembab, bahkan jika diperlukan untuk penyimpanan dalam jangka waktu yang sangat lama lemari tersebut di lengkapi dengan lampu penghangat.
Dalam Tulisan Ini:
Pre Produksi | Produksi | Perawatan





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

[Informasi Tracking Satelit Aqua (Modis) Secara Real Time]