Ternyata kita lagi kembangkan roket juga...


Pagi ini saya terbangun (seperti biasa) agak siang menjelang shalat dhuhur... aktifitas rutin lainnya adalah baca koran dulu (yang ini wajib) sambil nge-teh. Kebetulan di rumah hanya berlangganan koran fajar saja, jadi hanya itu yang bisa saya baca.

Mata saya otomatis langsung terpusat pada kolom bawah di halaman pertama yang berjudul "Belajar dari Buku, Terbangkat Roket Berbobot 1 Ton" sambil membakar rokok dan minum teh saya mulai berkonsentrasi dan bergumam "sepertinya seru nih....". Tebakan saya memang benar, rubrik tersebut mengulas tentang Rika Andiarti, Ilmuan pembuat roket terbesar pertama di Indonesia.

ini salah satu kutipan koran tersebut ketika mewawancarai ilmuannya:
Kepada Fajar wanita berjilbab itu dengan sabar menjelaskan tahapan-tahapan pembuatan roket yang menurutnya adalah roket terbesar yang pernah dibuat Lapan. Roket tersebut diperkirakan memiliki berat 1 ton. Namanya, RPX 420. "Saat ini Lapan sedang memiliki program besar. Yakni, menerbangkan satelit dari bumi Indonesia," katanya bersemangat.

Setelah membaca edisi 19 maret '09 hari kamis, saya langsung mencari terbitan hari ini (red: jum'at, 20 maret) ternyata masih berlanjut. Kali ini membahas mengenai Drs. Sutrisno, M.Si sebagai perancang roket dari Indonesia juga.

Dari kedua tulisan tersebut membuat saya semakin semangat dan optimis kepada Indonesia, khususnya kepada LAPAN tentunya sebagai motor penggerak project tersebut. Trus semangat ya.... jangan menyerah, dan kalau bisa prioritas saja untuk kepentingan sipil dan sains dulu, bosan rasanya kalau hal seperti ini selalu dikembangkan untuk kepentingan militer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

[Informasi Tracking Satelit Aqua (Modis) Secara Real Time]