Google menghentikan banyak layanannya

Saya heran dan cemas ketika melakukan surfing di internet dan menemukan sebuah pengumuman yang di posting oleh Raj Krishnan, manager produksi dari Google Notebook.

Rajh Krishnan menginformasikan bahwa mulai minggu depan mereka berenacana untuk menghentikan aktifasi pengembangan Google Notebook. Hal tersebut diartikan bahwa mereka tidak lagi akan menambahkan fitur ataupun penawaran ke pengguna baru walaupun mereka tetap mempertahankan layanannya bagi mereka yang telah teregister sebelumnya.

Setelah peluncuran SearchWiki, Google Search dihentikan integrasinya dengan Google Notebook dan begitupun terhadap integrasinya dengan Google Bookmarks yang mereka nilai sebagai sebuah ide yang buruk. 

Bagi mereka yang belum pernah menggunakan fasilitas Google Notebook, google memberikan penawaran produk lain yang menyerupai Google Notebook dan sedang aktif juga dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan penggunanya, diantaranya:

  • SearchWiki - mereka baru saja meluncurkan fitur pada pencarian yang akan membuat Anda kembali peringkat, komentar, dan personalisasi hasil pencarian Anda. Hal ini berguna bila Anda telah menemukan beberapa hasil pencarian di Google yang benar-benar sempurna untuk permintaan Anda. Anda dapat membaca tentang bagaimana menggunakan SearchWiki disini.
  • Google Docs - Jika Anda mencoba untuk mencatat bawah cepat beberapa catatan, atau dokumen yang membuat Anda dapat berbagi dengan yang lain, pelajari disini
  • Task in Gmail - Untuk cara yang ringan untuk membuat daftar todo atau melacak hal, mereka baru-baru ini meluncurkan Task in Gmail Labs.
  • Google Bookmarks - Sebagai sebuah tool yang dapat membantu Anda mengingat halaman web yang Anda suka dan mengaksesnya dengan mudah, silakan lihat diGoogle Bookmarks. Anda bahkan dapat menambahkan label untuk Anda untuk mengatur dan mereka kembali.

Layanan lainnya yang akan dihentikan termasuk Google Katalog, database surat-pesanan produk katalog terakhir di tahun 2006, Dodgeball, mobile jaringan sosial yang didapat oleh Google pada tahun 2005 yang mandeg setelah mereka keluar dari Google, dan Mapshup Editor, sebuah proyek yang akan akan diganti dengan yang lebih canggih yaitu Google App Engine. 

Google juga sebelumnya telah mengakuisisi YouTube, dan memberikan fasilitas Google Video, dimana perbedaannya adalah Google video tidak memberikan batasan durasi video yang akan anda upload. Namun dalam beberapa bulan terakhir ini, mereka menghentikan fasilitas pendukung untuk melakukan upload ke Google Video. Berita google video ini dapat anda baca di "turning-down-uploads-at-google-video". Sayapun sempat mencoba untuk melakukan upload video pada saat menulis posting ini, namun tidak berhasil :-( yang kemudian meyakinkan saya bahwa pengumuman tersebut bukan hoax. Untuk upload di rekomendasikan untuk ke youtube dan picasa web album.

Mereka berjanji bahwa penonaktifan tersebut hanya sementara untuk perubahan atau peningkatan kualitas. Tapi bagaimanapun sebagai orang miskin, saya berharap untuk tetap dapat mengakses fasilitas google secara free :-D.



2 komentar:

  1. google sukse selalu. biar kita tetap bisa adsensenan.

    Plz... bisa tukeran link? untuk website saya http://warnadunia.com
    nanti link blogmu saya masukkan di 5 semua blog milik saya: winsolu.wordpress.com, asianherbal.blogspot.com, padhepokananime.blogspot.com, senopatiarthur.wordpress.com, tamasya-tamasya.blogspot.com, kamu bisa check pageranknya semua 2 dan 3. ^^ itung-itung ningkatkan traffik pengunjung. bila berkenan post komentar aja di http://warnadunia.com/about/
    semoga sukses bersama.
    i will coming back again
    thanks yaw. :)

    BalasHapus
  2. Ok... prend
    dengan senang hati
    saya pasang iconnya "warna dunia"

    BalasHapus

[Informasi Tracking Satelit Aqua (Modis) Secara Real Time]