Memanfaatkan Google earth di dalam blog.

Setelah surfing beberapa saat di internet untuk mengkaji lebih dalam mengenai google earth, saya sempat singgah di digitalearthblog. Di blog tersebut dapat kita jumpai cara meletakkan google earth di blog kita dengan memanfaatkan google earth plugin yang bekerja di firefox 3.

Bagi seorang geograf ataupun praktisi GIS baik berbasis web ataupun bukan sebaiknya melakukan konsultasi yang mendalam kepada bang Edy Purnomo (thanks untuk ilmu-ilmunya pak), dari beliau saya menggunakan tools dari TakItWithMe untuk melakukan embed google earth di blog saya.

Selain menggunakan tools dari TakItWithMe masih ada beberapa pengguna google earth yang memberikan fasilitas untuk menyimpan google earth di blog kita, diantaranya:

Google Earth Hacks

Google Earth Hacks memiliki lebih dari 20,000 file di situs mereka, dari kesemua file tersebut dapat digunakan untuk meletakkan google earth dalam blog anda. Lebihlanjut silahkan melihat dalam koleksi mereka.

Golf Nation

Hampir menyerupai Google Earth Hacks, Golf Nation memberikan jalan kepada anda untuk melakukan beberapa cara menyimpan google earth dalam blog anda. Memanfaatkan golf nation sangatlah mudah apalagi untuk para pengguna blogspot.

StreetCities

StreetCities sangat berguna bagi anda yang ingin menampilkan dua tampilan sekaligus yaitu tampilan hasil perekaman satelit dan tampilan peta. Kita juga dapat menambahkan fasilitas-fasilitas pilihan semisal jalan dan traffic.

TakItWithMe

TakItWithMe adalah yang pertama memberikan plugin untuk meletakkan google earth dalam blog anda. Script yang digunakan sangatlah sederhana dan sagat mudah dijalankan. Saya sendiri pertama kali menggunakan tools dari TakItWithMe tersebut.

ShareIt

ShareIt merupakan entry lain dari Google Earth Hacks, gunakan tools ini untuk dijadikan sebagai cara paling sederhana dan ampuh untuk menampilkan lokasi-lokasi favorit anda di belahan bumi manapun.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

[Informasi Tracking Satelit Aqua (Modis) Secara Real Time]